(Taken from Bill Newman, The 10 Laws of Leadership)

Berdasarkan suatu data statistik, banyak pemimpin besar meraih keberhasilan dalam pekerjaan dan kehidupannya melalui seperangkat hukum kepemimpinan yang mendetail dan merupakan prinsip-prinsip yang telah diujicobakan.

Bill Newman punya 10 hukum Kepemimpinan.

Hukum pertama = Pemimpin Harus Memiliki Visi.

Hukum Kedua = Pemimpin Harus Disiplin.

Hukum Ketiga = Pemimpin Harus Memiliki Kebijaksanaan

Hukum Keempat = Pemimpin Harus Memiliki Keberanian.

Hukum Kelima = Pemimpin Harus Bersahaja

Sedangkan Hukum Keenam adalah :

PEMIMPIN ADALAH PEMBUAT KEPUTUSAN.

Seorang pemimpin adalah orang yang melakukan tindakan. Dan, untuk itu ia harus menguasai seni membuat keputusan. Pemimpin yang efektif bekerja secara konstan untuk mempermudah pengambilan keputusan.

Ada beberapa pedoman yang mereka pegang dalam mengambil keputusan.

  • Pertama, mereka menjernihkan masalahnya terlebih dahulu. Mereka mengupas masalah hingga menjadi sederhana.
  • Kedua, mereka mengumpulkan fakta. Mereka tidak terburu-buru mengambil keputusan sebelum mengumpulkan cukup fakta.
    Pemimpin yang baik membuat keputusan dengan cepat, oleh karena itu mereka harus memiliki fakta sebanyak mungkin. Mereka tidak mengandalkan asumsi.
    Bila masalah telah jernih dan fakta terkumpul, maka keputusan terbaik dapat diambil.
  • Ketiga, mereka menghindari situasi yang menekan. Mereka tidak suka mengambil keputusan yang singkat. Cepat bukan berarti singkat. Oleh karena itu, sekali membuat keputusan mereka tidak mudah untuk mengubah-ubahnya.
  • Keempat, mereka memperhitungkan resiko yang mungkin terjadi. Bagi mereka, resiko bukan hanya sesuatu yang buruk, namun mungkin juga sesuatu yang baik. Oleh karena itu mereka memperhitungkan nilai sebuah resiko.
  • Kelima, mereka mempertimbangkan bagaimana keputusan yang mereka buat bisa mempengaruhi semua orang yang terlibat. Itu berarti mereka harus mengusahakan pemikiran dari anggota tim mereka.
  • Keenam, mereka memikirkan dampak dari keputusan mereka hingga lima tahun mendatang, atau bahkan sepuluh tahun ke depan.
  • Ketujuh, mereka mempertanyakan apakah keputusan mereka legal atau tidak, bermoral atau tidak, etis atau tidak. Dan apakah keputusan itu membuat hati menjadi damai atau tidak.

God Bless Us Forever !!!