BERUSAHA SUNGGUH-SUNGGUH

Setiap manusia yang lahir ke dunia ini mempunyai jalan dan aktivitas masing-masing.

Ironisnya, terkadang ketentuan yang telah ditetapkan Tuhan, menjadi alasan bagi orang-orang yang malas, dengan mengatakan “Toh semua sudah diatur Tuhan, mengapa saya harus repot – repot ?”

Dalam menempuh perjalanan hidup, kadang terlontar keluhan saat mengalami kegagalan. Bahkan ada yang sampai stress. Mereka kemudian kesulitan memulai aktivitasnya kembali karena trauma, akibat kejadian yang dialami sebelumnya. Memang itulah resikonya apabila kita melakukan aktivitas tanpa kesungguhan, tanpa kehati-hatian, dan tanpa perencanaan yang matang. Hanya orang-orang yang selalu tepat, terencana dan tidak menunda-nunda, yang akan menikmati perjalanan dari sebuah proses.

Satu hal yang perlu kita pikirkan, jika kita bicara tentang hakikat kehidupan, maka dunia ini hanyalah sebuah jalan saja untuk menuju sebuah TUJUAN MUTLAK yaitu RIDHO ALLOH SWT. Karena itu, berupaya lakukan yang terbaik dengan cara terbaik adalah kewajiban kita. Seorang sahabat menambahkan, “Kita hanya diperintahkan untuk bersungguh-sungguh. Hasil itu sebenarnya adalah evaluasi dari usaha”.