Yuyuan Garden adalah taman klasik yang terkenal, terletak di Anren Jie, Shanghai. Taman tersebut selesai tahun 1577 oleh seorang petugas pemerintah dari Dinasti Ming (1368-1644) bernama Pan Yunduan. Yu dalam bahasa China berarti menyenangkan dan memuaskan, dan taman ini dibangun khusus bagi orangtua Pan, sebagai tempat bagi mereka untuk menikmati waktu tenang dan bahagia di usia tua mereka.
Dalam 400 tahun keberadaannya, Yuyuan Garden telah mengalami banyak perubahan. Selama Dinasti Ming akhir, taman ini menjadi rusak parah, seiring dengan penurunan keluarga Pan. Pada 1760, beberapa pedagang kaya membeli Yuyuan Garden dan menghabiskan lebih dari 20 tahun rekonstruksi bangunan. Selama Perang Candu abad ke-19, Yuyuan Garden rusak berat. Taman Yuyuan yang kita lihat saat ini adalah hasil dari sebuah proyek restorasi lima tahun yang dimulai pada tahun 1956. Taman ini lalu terbuka untuk umum pada bulan September, 1961.


Yuyuan Garden menempati area seluas 20.000 meter persegi (sekitar lima hektar). Namun, ukuran kecil bukan merupakan perwakilan dari atraksi taman. Paviliun, aula, rockeries, kolam dan cloister semua memiliki karakteristik yang unik. Ada enam daerah pemandangan utama di kebun: Sansui Hall, Wanhua Kamar, Dianchun Hall, Huijing Hall, Yuhua Hall dan Inner Garden. Setiap daerah memiliki beberapa tempat indah di dalam perbatasannya.
Saat memasuki taman, kita akan menemukan sebuah kebun berbatu karang, dengan ketinggian 14 meter. Kebun batu karang ini adalah yang terbesar serta tertua di wilayah selatan Sungai Yangtze. Hall Cuixiu terletak di kaki kebun berbatu karang tersebut. Ini adalah tempat yang tenang dan elegan, dikelilingi oleh pohon-pohon tua dan bunga-bunga indah. Pengunjung akan menemukan toko barang antik di Aula Cuixiu.


Sansui Hall dibangun pada 1760 dan pada awalnya digunakan untuk menjamu tamu. Kemudian menjadi tempat untuk menyelenggarakan upacara untuk bapak-bapak. Dengan ketinggian sembilan meter dan menampilkan lima ruang, itu adalah struktur terbesar dan paling luas di kebun. Nama Sansui berasal dari buku Sejarah Dinasti Han yang berarti ‘tepat’ dan ‘beruntung’.
Jalan-jalan mengelilingi Yule Pavilion dan Wanhua Kamar, kita akan menemukan paviliun, koridor, sungai, halaman serta banyak fitur alam lainnya. Spring bambu tumbuh di samping biara. Di depan Wanhua Kamar, ada dua pohon tua. Salah satunya adalah pohon maidenhair yang 21 meter (sekitar 70 kaki). Dikatakan bahwa pohon itu ditanam oleh pemilik kebun 400 tahun yang lalu.


The Hall Dianchun daerah terletak timur Wanhua Kamar. Dianchun Hall pernah menjadi markas Xiaodao Hui, kelompok pemberontak yang berperang melawan pemerintah Dinasti Qing (1644-1911) selama 1853-1855.

Harta sebenarnya dari Yuyuan Garden adalah Jade Rock yang indah. Terletak di seberang Yuhua Hall. Ini adalah salah satu dari tiga batuan yang terkenal di wilayah selatan Sungai Yangtze. (Dua lainnya Duanyun Feng di Suzhou dan Zhouyun Feng di Hangzhou.). Yang menarik tentang batu ini adalah, jika kita membakar tongkat Joss tepat di bawah batu, asap ajaib akan keluar dari semua lubang. Demikian pula, saat Anda menuangkan air ke dalam batu dari atas, air akan mengalir keluar dari setiap lubang menciptakan pemandangan yang spektakuler untuk dilihat. Pan Yunduan sangat senang dengan Jade Rock ini, dan ia membangun Yuhua Hall menghadap batu itu, sehingga terasa nyaman saat duduk di lorong dan mengaguminya. Perabotan di ruang itu terbuat dari kayu kelas atas dari Dinasti Ming… sangat natural dan anggun.
Inner Garden adalah taman terpisah yang dibangun pada 1709, namun sekarang menjadi bagian dari Yuyuan Garden di selatan. Batuan, paviliun, kolam hias dan dinding bunga menawarkan beberapa pemandangan paling menarik di Yuyuan Garden.

(Sumber : TravelChineGuide.com)