The Bund, juga disebut Zhongshan Dong Yi Lu (East Zhongshan Road 1), adalah sebuah pantai terkenal dan dianggap sebagai simbol kota Shanghai selama ratusan tahun. Terletak di tepi barat Sungai Huangpu. Pemandangan yang paling terkenal dan menarik di sebelah barat Bund adalah berbagai bangunan gaya arsitektur yang berbeda, termasuk Gothic, Baroque, Romawi, Classicism dan Renaissance.

Sebelum 1840-an, Bund adalah sebuah jalan sempit berlumpur dengan rumput tinggi. Awalnya merupakan sebuah pemukiman Inggris. Setelah Shanghai didirikan sebagai pelabuhan perdagangan pada tahun 1846, jalan beraspal dibuat. Kemudian, deretan bangunan komersial dibangun. Ini membuat Bund menjadi pusat keuangan utama Asia Timur. Pusat, ekonomi, politik dan budaya Shanghai lebih dari seratus tahun yang lalu. Di Bund, terdapat konsulat sebagian besar negara dan banyak bank, bisnis dan kantor surat kabar yang menetap di sana. Itulah sebabnya Bund memiliki gedung-gedung seni. Karena itu, The Bund disebut ‘museum arsitektur internasional.
Kebetulan saya mampir ke The Bund pada malam hari, sehingga terlihat pemandangan malam kemerahan The Bund. Tampak pameran kemegahan berbagai bangunan gaya arsitektur yang berbeda, membuat Shanghai makin cantik dengan lampu warna-warni yang mengambang di sungai.