Oriental Pearl TV Tower terletak di Pudong Park di Lujiazui, Shanghai. Menara, ini diapit oleh Jembatan Yangpu di timur laut dan Jembatan Nanpu di barat daya, sehingga terciptalah imagi berupa ‘naga kembar bermain dengan mutiara’. Inilah yang menarik ribuan pengunjung sepanjang tahun.
Tinggi Oriental TV Tower adalah 468 meter, dan merupakan menara ketiga tertinggi di dunia, setelah menara di Toronto, Kanada dan Moskow, Rusia. Namun, Oriental TV Tower nampak lebih memikat, sebab desainnya unik. Seluruh struktur bertumpu pada padang rumput hijau, bagaikan mutiara bersinar di piring giok.

 

 

 

Pengunjung dapat menaiki menara menggunakan lift double-decker yang dapat menampung hingga lima puluh orang. Petugas lift akan menyampaikan sekilas tentang Menara TV ini dalam bahasa Inggris dan China. Setelah kita sampai di atas, kita akan kagum dengan pemandangan yang terlihat dari atas.

Oriental TV Tower juga memiliki ruang kota futuristik dan ruang wisata yang luar biasa. Saya sempat berfoto di beberapa bagian, sehingga nampaknya saya sudah berjalan-jalan ke berbagai tempat wisata.