Summer Palace atau Istana Musim Panas adalah sebuah istana di Beijing, China. Istana Musim Panas ini terutama didominasi oleh Longevity Hill (60 meter) dan Danau Kunming. Luas areanya sekitar 2,9 kilometer persegi dan tiga perempat bagiannya adalah air. Danau Kunming seluas 2,2 kilometer persegi merupakan danau buatan manusia. Tanah galian tersebut kemudian digunakan untuk membangun Longevity Hill. Di Istana Musim Panas, kita dapat menemukan berbagai istana, taman, dan struktur arsitektur gaya klasik.

Bronze Qilin statue inside the Summer Palace

Kompleks istana pernah mengalami dua serangan besar selama Anglo-Perancis sekutu melakukan invasi pada tahun 1860 dan selama Pemberontakan Boxer. Meski diobrak-abrik, namun taman dapat diselamatkan dan dibangun kembali pada tahun 1886 dan 1902.

Pada bulan Desember 1998, UNESCO memasukkan Summer Palace pada Daftar Warisan Dunia. Dinyatakan bahwa Istana Musim Panas merupakan sebuah karya masterpiece. Desain Pemandangan alam perbukitan dan Air terbuka yang dikombinasikan dengan fitur buatan seperti paviliun, aula, istana, kuil dan jembatan untuk membentuk sebuah nuansa yang harmonis dengan nilai estetika yang luar biasa.