What great things can I do great today ?”, sebuah pertanyaan sederhana yang akan membuat hidup kita berbeda setiap harinya.

Tanyakan pada diri kita sendiri, hal baik apa yang dapat kita kerjakan dengan baik hari ini, sehingga dampaknya akan dirasakan oleh kita sendiri atau bahkan orang lain ?
Tidak sedikit orang yang terjebak dengan rutinitas pekerjaan setiap harinya dan pada akhirnya merasakan kebosanan. Hal ini umumnya terjadi karena kita melakukan hal yang sama dengan cara yang sama setiap harinya. Tidak ada motivasi untuk melakukan sesuatu yang lebih besar. Kita masuk ke dalam zona kenyamanan.

Mari kita lihat contoh sederhana.

Umumnya orang menulis menggunakan tangan kanan. Bila suatu ketika kita diminta menulis dengan tangan kiri, dapatkah kita melakukannya ?

Sebenarnya kita juga dapat menulis menggunakan tangan kiri. Hanya karena kita terbiasa menggunakan tangan kanan, maka kita merasa kesulitan bila harus mengggunakan tangan kiri. Kita sudah berada di zona nyaman dengan tangan kanan.

Kenyataannya, tangan kiri kitapun bisa menulis jika dan hanya jika kita mau melatihnya.
Contoh tersebut bukan meminta atau memaksa kita untuk menulis dengan tangan kiri tentunya. Yang dimaksud adalah bahwa perubahan dapat terjadi bila kita menginginkan perubahan itu untuk terjadi.

Bila kita hanya berdiam diri, percayalah bahwa setiap hari kita tidak akan merasakan antusiasme lebih. Tapi bila kita menyadari bahwa kita perlu dan harus membuat perbedaan hari ini, mulailah lakukan sesuatu yang lebih baik dari hari kemarin. Tambahkan nilai pada apa yang kita kerjakan.

Bagaimana caranya?
Kita yang biasanya bangun agak siang, lalu bergegas ke kantor mungkin dapat mencoba bangun lebih awal dan dapat mempersiapkan diri dengan lebih tenang, menyempatkan diri membaca koran, mengatur perencanaan kerja untuk hari tersebut, serta memutuskan untuk menjadi orang yang menyenangkan bagi orang lain.
Setelah tiba di kantor, bila biasanya tidak pernah kita lakukan, mungkin kita ingin menyapa rekan kerja dengan selamat pagi dan mulai tersenyum karena ini adalah hari baru bagi kita dan kita ingin melakukan banyak hal yang baik hari ini dan sepenuhnya kita menyadari hal tersebut.

Bila kita adalah seorang atasan, kita juga tidak perlu merasa kehilangan wibawa ketika memuji staff karena melakukan pekerjaan yang baik.

Dale Carnegie pernah mengatakan “Be lavish in praise and be hearty in appreciation”.
Berilah pujian dengan setulus hati. Mulailah memperhatikan bawahan kita, pelajari aspirasi mereka. Bukan semata-mata karena kita atasan, maka tidak perlu belajar.

Belajar memberikan teladan yang baik.

Belajar menghargai orang lain.

Belajar mengkomunikasikan pemikiran kita dengan cara yang tidak menyakiti orang lain.
Bila kita seorang bawahan, jangan mengeluh karena pekerjaan. Ini adalah konsekuensi dari sebuah profesi. Belajar mengendalikan diri, belajar menyadari bahwa kita sedang menjalani proses menjadi orang yang lebih baik.
Belajar menghargai atasan kita.

Belajar tentang disiplin waktu.

Belajar bahwa teguran adalah sesuatu yang membuat kita lebih maju.

Belajar juga tentang komitmen dan tanggungjawab.

Kita bekerja bukanlah persoalan menerima gaji pada akhir bulan, tapi ada tanggungjawab yang jauh lebih besar dari itu.
Ubah cara berpikir kita hari ini dan seterusnya, niscaya kita akan merasakan warna berbeda ketika kita melakukan sesuatu yang baik dan positif.
Setiap hari, dimanapun kita berada, lakukan sesuatu yang lebih baik dan bermakna. “It’s nice to be great, but It’s great to be nice”.

Jadilah orang yang menyenangkan hari ini. Tunjukkan semangat dan antusiasme kita. Bila kita sudah terjebak lagi, tanyakan terlebih dahulu “What great things can I do great today?”

(Sumber : Men Jung).