Republik Singapura ialah sebuah Negara pulau yang terletak di tepi ujung selatan Semenanjung Melayu. Singapura termasuk 4 besar pusat keuangan dunia, yang berperan penting dalam perdagangan dunia. Pelabuhan Singapura juga merupakan salah satu dari 5 pelabuhan tersibuk di dunia. 42% penduduk Singapura ialah orang asing yang bekerja atau belajar di negeri tersebut. 50% pekerjaan juga diisi oleh pekerja asing. Singapura tercatat sebagai negara paling global di dunia dalam indeks Globalisasi.

Sebelum merdeka pada tahun 1965, Singapura sudah menjadi pelabuhan yang sibuk. Economist Intelligence Unit menempatkan Singapura sebagai negara yang mempunyai kualitas hidup terbaik di Asia dan kesebelas terbaik di seluruh dunia. Singapura juga dilengkapi angkatan tentera yang canggih dan lengkap dari segi teknologinya.

Singapura adalah negara yang moderen dikawasan Asia Tenggara, negara ini juga terkenal akan kedisiplinan kebersihannya. Dahulu, Singapura dibawah kekuasaan Inggris dan dijadikan sebagai tempat untuk pelabuhan militer serta benteng. Negara Singapura berada pada posisi lalu-lintas perdagangan jalur laut, sehingga membuat Singapura mempunyai letak yang cukup strategis dan menjadikan pelabuhan di Singapura selalu disinggahi oleh kapal-kapal dagang dari negara lain. Negara Singapura dikenal juga sebagai tempat tujuan wisata, banyak turis yang datang untuk menikmati suasana di Singapura yang nyaman, aman, tertib, bersih serta memiliki sarana transportasi dan infrastruktur yang baik. Selain dikenal sebagai tempat tujuan wisata kuliner, Singapura juga dikenal sebagai surganya untuk tempat belanja karena banyaknya pusat perbelanjaan yang bertebaran dimana-mana.

 

Esplanade – Theatres on the Bay adalahsalah satu icon negara Singapura. Letaknya persis bersebelahan dengan Patung Merlion yang berada di Merlion Park. Ini adalah salah satu pusat seni tersibuk di dunia, dibuka resmi pada tanggal 12 Oktober 2002.
Di tahun 1992, terpilih sebuah tim yang terdiri dari perusahaan lokal terkenal DP Architects (Singapura) dan Michael Wilford & Partners (Inggris) untuk memulai pekerjaan pembangunan pusat seni tersebut. Untuk mempertahankan keterkaitan antara masa lalu dan masa kini, pusat seni ini akhirnya dinamakan Esplanade – Theatres on the Bay.
Esplanade bertujuan untuk menjadi pusat seni pertunjukan bagi semua kalangan, dan program-programnya menjangkau ke ragam audiens yang luas. Susunan programnya mencakup segala genre, termasuk musik, tari, teater dan seni visual, dengan fokus khusus pada budaya Asia. Esplanade berada tepat di tepi Marina Bay di mulut Singapore River.

(Sumber : Wikipedia & Lintas Berita)