Aneka hiasan dan perhiasan dari batu giok ada disini

Negeri China sangat identik dengan batu giok. Ketika punya kesempatan jalan-jalan ke Beijing, saya berkesempatan mampir ke sebuah toko khusus batu Giok yang cukup besar. Hanya ada satu tempat yang “besertifikasi” penjual resmi Jade (batu giok) di Beijing. Beijing Dragon Land Superior Jade Gallery.

Pengunjung diajak tour singkat mengenai Jade. Melihat bahan kasar (balokan giok) sampai ke bentuk yang halus. Setelah tour singkat, langsung digiring ke areal yang luas untuk berbelanja giok. Kualitas dan tingkat kompleksitas karya mereka memang patut diacungkan jempol.

Beijing Jade Gallery menempati bangunan yang sangat luas. Di lantai bawah ada ruangan kecil tertutup dikelilingi kaca dimana di dalamnya ada peralatan untuk membuat batu giok berikut beberapa buah giok setengah jadi untuk dipamerkan. Bila kita membeli barang di tempat ini, kita bisa meminta sertifikat, bahwa barang yang kita beli adalah asli. Salah satu indikasi dari batu giok asli adalah bila kita pegang atau bila ditempelkan ke pipi, batu giok itu akan terasa dingin.

Aneka macam kerajinan dari batu giok dijual di Jade Gallery. Ada kalung, anting-anting, cincin, gelang, patung berbentuk binatang atau bahkan ada replika kapal layar Chaina kuno yang terbuat dari giok. Ada juga semacam pembatas ruangan, seperti gebyok yang sering dipakai di rumah-rumah tradisional Jawa. Harganya tentu saja mahal.

Gelang giok yang mungkin sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Harga produk ini senilai 600 yuan atau sekitar Rp 720.000. Batu giok tak selalu berwarna hijau, namun kualitas giok yang berwarna hijau memang diyakini memiliki kualitas yang lebih bagus.

Batu giok ternyata warnanya tidak hijau saja ya, ada yang warna putih, hitam, dan pink. Ini terlihat dari warna-warna barang yang dijual.

Tampak di belakang, sebuah patung Buddha dari batu giok