Ming Tomb adalah Makam raja-raja dari Dinasti Ming yang terletak di kawasan pergunungan Tianshou, Daerah Changping Beijing. Luas makam ini 120 kilometer persegi. Areal pemakaman ini terletak di utara Beijing. Hampir mendekati Tembok Cina. Kompleks makam kaisar ini menurut feng shui adalah tempat yang paling ideal. Karena sisi Utara adalah gunung dan di sisi Selatan adalah sungai.

Bersama teman-teman sejenak istirahat di tangga pintu Ming Tomb (Mumpung agak sepi hehehe...)

 

Ada 13 makam raja-raja dari Dinasti Ming dan perawatan untuk ke-13 makam ini memakan waktu yang panjang, mulai dari Makam Changling pada tahun ketujuh Yongle (tahun 1409), hingga Makam Siling yang dimulai pada awal tahun satu Shunzhi pada zaman Dinasti Qing, kurun waktunya hingga 200 tahun lebih. Dalam masa itu, terdapat 13 orang raja, 23 orang permaisuri, dua orang putera, lebih 30 orang istri raja dan seorang pelayan kepercayaan dikebumikan di sini.

Ming Tomb merupakan kompleks makam yang masih ada dengan area paling besar, dan yang mempunyai makam raja yang paling banyak di China. Dengan pemandangannya yang indah dan reka bentuknya yang unik, Ming Tomb menjadi lambang taraf tertinggi dalam seni bina permakaman China yang istimewa.

Berada di depan pintu salah satu makam. Memang ukuran bangunannya jumbo yaaa...

Selayaknya bangunan-bangunan di China yang serba berukuran jumbo, Ming Tomb juga demikian. Besar sekali. Dan yang mengagumkan, selain ukurannya, adalah teknologi, detail bangunan, warna, dan konsep dibelakangnya.
Konsep disini adalah konsep yin-yang dan feng shui. Kesimbangan di dunia ini selalu tercermin dalam pola arsitektur bangunan-bangunan ini.

Aslinya, kompleks makam ini diawali dengan sebuah Gapura yang menseleksi antara kaum jelata dan Kaisar. Para rakyat biasa yang akan masuk ke kompleks makam, harus memberhentikan “kendaraannya” di gapura ini. Kendaraan pada saat itu, kuda dan berjalan sejauh 7.3 km sampai ke dalam kompleks makam. Hanya Raja yang boleh masuk dengan kuda.

Sejak gapura itu, sebenarnya banyak kompleks makam-makam dari kaisar-kaisar Dynasti Ming. Semua berjumlah 13 kompleks makam. Berarti ada 13 kaisar yang dimakamkan disana. Padahal, menurut sejarah ada 15 kaisar di Dynasti Ming. Ternyata penjelasannya sederhana. Karena 2 kaisar pertama belum dimakamkan di sini. Pada awalnya, Ibukota Kekaisaran masih berada di Nanjing. Belum di Beijing. Setelah Kaisar Yongle-lah ibukota pindah ke Beijing. Dan beliau lah yang mendesign tiga bangunan inti. Dan Kaisar Yongle pulalah yang “mendiami” kompleks pemakaman ini untuk yang pertama kalinya.

(Sumber : Panduan Orang Islam di Beijing & Kompasiana)

 

Berada di depan kompleks Ming Tomb