Untuk mencapai sukses maksimal, kita harus menjadi pelaku yang aktif berpartisipasi dan berkontribusi dalam sebuah team work. Team work memberi lebih banyak keunggulan. Idealnya, team work yang efektif bersifat kompak,efisien dan produktif.

Team berbeda dengan kelompok kumpul – kumpul pada umumnya, Team adalah sekelompok individu yang bekerja bersama, memiliki sasaran yang sama, dan pekerjaannya saling tergantung.

Together        Everyone        Achieve          More

MANFAAT TEAM BAGI INDIVIDU

  1. Mengurangi beban stress akibat pekerjaan.
  2. Tanggung jawab terbagi sehingga pertanggung jawaban kepada menajemen lebih mudah dituntut.
  3. Anggota team menjadi lebih menghargai diri sendiri, sehingga termotivasi.
  4. Semua orang akan merasa mendapat pengakuan yang cukup.
  5. Seluruh orang mengalami perasaan meraih suatu keberhasilan, sehingga timbul rasa kebersamaan yang kuat namun persahabatan antara satu dengan yang lain tetap efektif.

CIRI-CIRI TEAM YANG EFEKTIF

  1. Setiap anggota team mengenakan identitas yang sama (brand atau nama project yang dikerjakan).
  2. Setiap anggota team memiliki tujuan dan sasaran yang sama.
  3. Setiap anggota team mau diatur oleh pimpinan yang sama. Fungsi pemimpin team sangat dibutuhkan di tahap awal perkembangan team, ketua team mengarahkan dan selanjutnya pelan – pelan peran ketua team mulai diambil alih oleh konsensus. Dengan kata lain menjadi sama dengan anggota lain. Yang penting masing masing anggota dipastikan memahami tujuan/ sasaran team.
  4. Setiap anggota team mau bekerjasama dan berkolaborasi.

  5. Setiap anggota team memahami peran dan tugas masing – masing.
  6. Team mampu mengambil keputusan secara efektif, tidak melenceng dari orientasi.

Team terdiri atas berbagai macam orang. Anggota team saling berbagi keberhasilan maupun kegagalan.