Orang yang mencapai potensi mereka, mengutamakan peningkatan diri.
Memilih kehidupan yang diwarnai dengan pertumbuhan, merupakan salah satu prinsip yang akan membantu kita berkembang menjadi lebih besar.

Dikatakan bahwa menjelang akhir hayatnya, pemain cello sekaligus penggubah dari Spanyol, Pablo Casals, ditanya oleh wartawan, “Tuan Casals, Anda sudah berusia 95 tahun dan anda adalah pemain cello terbesar yang pernah hidup. Mengapa Anda masih berlatih enam jam setiap harinya ?”.
Apakah jawaban Casals ? “Sebab rasanya permainan saya semakin baik”.


Dedikasi terhadap pertumbuhan kontinyu seperti itulah yang seharusnya kita punyai. Orang yang mencapai potensi mereka, apapun profesi atau latar belakang mereka, mengutamakan peningkatan diri. Kalau kita menyangka bisa ‘berdiam diri’ dan tetap lancar menempuh perjalanan sukses kita, kita keliru. Kita perlu mempunyai sikap seperti Jenderal George Patton. Dia mengatakan kepada pasukannya, “Ada satu hal yang saya minta kalian ingat. Saya tidak mau mendapatkan pesan bahwa kita bertahan. Kita harus terus maju”. Moto Patton adalah, ‘Menyeranglah selalu. Jangan pernah sekedar berlindung’.
Satu – satunya cara untuk meningkatkan kualitas kehidupan kita adalah meningkatkan diri.

       Kalau kita ingin menumbuhkan organisasi, kita harus menumbuhkan seorang

pemimpin.

       Kalau kita ingin mempunyai anak – anak yang lebih baik, kita harus menjadi

individu yang lebih baik.

       Kalau kita mau orang lain memperlakukan kita lebih baik, kita harus

mengembangkan keterampilan menangani sesama yang lebih baik.

Tidak ada cara pasti untuk membuat orang lain di lingkungan kita meningkat. Satu – satunya yang bisa kita tingkatkan hanyalah diri sendiri. Dan yang menakjubkan adalah bahwa ketika kita meningkatkan diri, segalanya disekeliling kita tiba – tiba saja menjadi lebih baik.
Jadi ujung – ujungnya, kalau kita ingin menempuh perjalanan sukses, kita harus menjalani kehidupan yang diwarnai dengan pertumbuhan. Dan satu – satunya cara kita akan bertumbuh adalah kalau kita memilih untuk bertumbuh.