Inilah kota bawah tanah itu... masuk ke perut bumi...

Kaymakli Underground City… ini bukan seperti gua pada umumnya. Kaymakli Underground city sengaja dibuat dan dirancang sebagai sebuah kota di bawah tanah, yang merupakan pemukiman penganut Kristen Ortodoks sejak sebelum Masehi hingga akhir abad 19. Mereka bersembunyi dikota bawah tanah itu, sebab diburu oleh orang-orang Romawi yang tengah berkuasa saat itu, lalu dihukum mati. Di dalam gua, terdapat jalanan kecil yang terkadang kita harus membungkuk untuk melewatinya.

Terdapat beberapa jenis ruangan, seperti ruang penyimpanan makanan dan anggur, ruang tidur, dapur dan lain-lain. Bahkan dibeberapa bagian terdapat lubang jebakan atau pintu rahasia, bila sewaktu-waktu ada bahaya datang. Yang paling mengagumkan adalah, ventilasinyapun sudah diatur sedemikian rupa, sehingga penghuninya tidak merasa pengap. Bila musim dingin dating, pemukiman ini tetap hangat. Demikian pula bila musim panas datang, di dalamkota bawah tanah ini suhu tetap terjaga nyaman. Saya pribadi sangat mengagumi budaya mereka. Ini bukan hanya ‘karangan’ para tour operator yang mau ‘menyedot’ duit lebih dari para wisatawan dengan membuat cerita yang kedengarannya fantastis. Namun, ketika saya menyaksikannya sendiri, memang benar di daerah Cappadocia adakota bawah tanah yang usianya mencapai ribuan tahun! Kaymakli Underground city yang berlokasi 19 km dari Nevsehir ini, merupakankota bawah tanah terluas di wilayahCappadocia.

Saya tak habis mengerti bagaimana manusia pada masa itu berhasil ’melubangi’ perut bumi hingga setara dengan keberadaan gedung bertingkat delapan di dalam tanah. Bagaimana mereka bisa mengerti struktur kekuatan tanah dengan membangun terowongan-terowongan dan pilar-pilar penyangga yang secara alami dibentuk dari tanah dan bebatuan yang ada di tempat itu!

Kunjungan ke kota bawah tanah ini, wajib kita masukkan dalam agenda kegiatan selama di Cappadocia. Kita tidak akan rugi berkunjung ke Kaymakli underground city, karena memang objek wisata yang satu ini sangat jarang bisa ditemukan di tempat lain dan harus diakui, memang LUAR BIASA!