(Artikel ini saya ambil dari Republika.co.id dengan redaktur Didi Purwadi. Sengaja saya posting disini sebagai pelajaran bersama. Semoga bermanfaat dan mendatangkan hikmah).

KIEV- Sama seperti manusia, seekor kadal jantan pun ternyata mengungkapkan cintanya kepada kadal betina dengan memberikan sekuntum bunga. Momen kadal jantan ketika memberikan sekuntum bunga kepada kadal betina itu berhasil terjepret dalam bidikan sebuah foto.

Seekor kadalpadangpasir jantan bertengger di atas tanaman sambil membawa sekuntum bunga. Sementara, si kadal betina memanjat tanaman untuk menghampiri si jantan guna menerima bunga tersebut. Dengan rasa penuh cinta (seperti terlihat dalam foto di atas), si kadal jantan memandangi wajah si kadal betina yang memegang bunga pemberiannya.

Adegan romantis tersebut tidak berhenti hingga disana. Untuk membuktikan cinta sejati si kadal jantan, si kadal betina menjatuhkan diri dari atas tanaman tersebut. Dia ingin membuktikan apakah si kadal jantan akan langsung bergerak cepat menyelamatkan dan menolong dirinya.

Duh.. romantis sekali bukan? Drama romantis tersebut ditangkap oleh fotografer Alexey Tymoshenko.

”Aku mengambil foto-foto di belakang rumah orang tua saya di Ukraina. Aku sudah berkunjung kesanasejak aku meninggalkan rumah,” kata Alexey (19). ”Ketika saya masih anak-anak, salah satu hal favoritku adalah bermain di kebun belakang dan menyaksikan kadal.”

Selama bertahun-tahun, Tymoshenko mengaku mempelajari perilaku kadal-kadal tersebut. ”Jika Anda bersahabat dengan mereka, maka mereka juga bersahabat dengan Anda. Karena, mereka cepat terbiasa dengan orang yang bersahabat dengan mereka,” katanya.

Tymoshenko menyebutkan kadal biasanya hanya butuh waktu 30 menit untuk memahami seseorang tidak akan menyakiti mereka. Itulah yang membuat Tymoshenko bisa bebas memfoto tingkah lalu kadal-kadal tersebut.

“Tapi, aku tidak pernah berpikir mereka bisa begitu bergairah dan membantu satu sama lain. Sungguh menakjubkan ketika melihat seekor kadal menjatuhkan diri dan kadal lainnya langsung berusaha untuk menangkapnya,” kata Tymoshenko. ”Dan, aku sangat terkejut dengan adegan pemberian bunga. Aku bukan ahli dunia binatang dan tidak tahu apa arti adegan tersebut.”

Sumber: www.dailymail.co.uk