CottonCastle… disanalah terletak salah satu memory terindahku saat jalan-jalan keliling dunia. Dalam bahasa Turky,  CottonCastleatau benteng kapas ini disebut Pamukkale. Merupakan sebuah situs alam yang terletak di Provinsi Denizli, wilayah Turki barat daya.CottonCastle ini berisi air panas dan travertine, mineral karbonat yang ditinggalkan oleh air yang mengalir. Sejak ribuan tahun lalu, orang-orang mandi di hangatnya airCottonCastle.

Di atas CottonCastleyang putih luas membentang ini, dibangunlah kotaBizantium pada jaman Yunani dan Romawi kuno. Secara keseluruhan panjangnya sekitar 2,700 m dan lebarnya 600 m serta tinggi tinggi 160 m.

KarenaCottonCastledinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia, maka tidak ada hotel atau jalan-jalan besar di area yang dilindungi ini. Semua dilakukan untuk menjaga keasliannya. Bahkan, agar endapan Cotton Castle tetap terlindungi, semua pengunjung harus melepaskan alas kaki. Sayapun mencopot sepatu dan saya biarkan hangatnya air meresap merayap… mengurangi rasa dingin saat itu.

Cotton Castle…